Pages

Rumus Perhitungan Di Microsoft Excel

Umumnya Rumus yang sering digunakan sehari-hari adalah Rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Biasanya masyarakat ataupun orang-orang melakukan perhitungan menggunakan mesin hitung seperti kalkulator, umumnya dilakukan oleh pedagang. Beberapa bagian dari masyarakat ada yang menggunakan cara berhitung dengan bantuan alat tulis dan buku alias manual. Kalau artikel sebelumnya kita membahas Sejarah dan pengertian Microsoft Excel, kesempatan kali ini Rumus Excel Blog akan menjelaskan bagaimana cara menghitung menggunakan Microsoft Excel Diantaranya yaitu:
    1. Rumus Penjumlahan di Microsoft Excel
    2. Rumus Pengurangan di Microsoft Excel
    3. Rumus Perkalian di Microsoft Excel
    4. Rumus Pembagian di Microsoft Excel
Dibawah ini akan saya uraikan satu per satu Rumus dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
  1. Rumus Penjumlahan di Microsoft Excel.
  2. Ada dua pilihan rumus dalam penjumlahan di Microsoft Excel. Pertama dengan menggunakan operator Plus (+), dan yang kedua dengan memanfaatkan fungsi =SUM. Contoh 1: Pada Cell A2 kita input angka 265 dan pada Cell B2 input angka 45, kemudian pada Cell C2 masukkan rumus =A2+B2 kemudian tekan ENTER. Maka hasilnya adalah 310.
    Contoh 2: Pada Cell A3 kita input angka 250 dan pada Cell B3 input angka 55, kemudian pada Cell C3 masukkan rumus =SUM(A3;B3) kemudian tekan ENTER. Maka hasilnya adalah 305.
    Nah, menurut anda mana yang lebih sederhana? Bagi saya lebih sederhana cara kedua.
  3. Rumus Pengurangan di Microsoft Excel
  4. Untuk rumus perhitungan dalam Microsoft excel cukup dengan menggunakan operator Minus (-). Karena dalam rumus pengurangan di Microsoft Excel tidak ada fungsi ataupun formula khusus untuk pengoperasiannya. Misal: Pada cell A2 masukkan angka 250 dan pada cell B2 masukkan angka 45, kemudian pada cell C2 masukkan rumus =A2-B2 kemudian tekan ENTER hasilnya adalah 205.
  5. Rumus Perkalian di Microsoft Excel
  6. Rumus perkalian dalam program Microsoft Excel ada dua cara. Pertama menggunakan operator Asterisk (*), dan yang kedua menggunakan formula =Product. Misal: Pada cell A2 masukkan angka 250 dan pada cell B2 masukkan angka 5, kemudian pada cell C2 masukkan rumus =A2*B2 kemudian tekan ENTER maka hasilnya 1250.
    Kalau kita buat rumus formulanya =PRODUCT(A2:B2), hasilnya akan sama.
  7. Rumus Pembagian di Microsoft Excel
  8. Sama halnya dengan rumus pengurangan, rumus pembagian di Microsoft Excel juga tidak mempunya fungsi atau formula khusus untuk mencari hasilnya. Cukup dengan menggunakan operator Slash (/). Misal: Pada cell A2 masukkan angka 600 dan pada cell B2 masukkan angka 4, kemudian pada cell C2 masukkan rumus =A2/B2 kemudian klik ENTER maka hasilnya 150.
Demikianlah Cara-cara menghitung menggunakan Microsoft Excel. Sebagai contoh unduh file Rumus Perhitungan di bawah ini.
Contoh Rumus Hitungan.zip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.