Pages

Tutorial Dan Rumus Table Nilai Siswa Dengan Microsoft Excel

nilai siswa.jpg Excelmob - Artikel sebelumnya kita sudah sama-sama belajar membuat Laporan Kas Sederhana baca di artikel Cara Membuat Laporan Keuangan Dengan Microsoft Excel.
Sesuai judul diatas kali ini Excelmob akan mengajak anda untuk belajar membuat Table Nilai Siswa dilengkapi dengan rumus-rumusnya, dan bagaimana membuat kalimat Lulus atau Tidak Lulus secara otomatis. Untuk itu tetap ikuti Tutorial Dan Rumus Table Nilai Siswa Dengan Excel ini.


Membuat Table Siswa ini tidaklah begitu sulit jika kita sudah mengetahui Rumus-rumus dasar di Microsoft Excel.
Baiklah, mari kita memulainya dengan membuat table sheet di Microsoft Excel, kurang lebih seperti gambar dibawah ini.


Kita lihat lagi pada gambar, disana terlihat cell-cell yang masih kosong, yaitu di Cell H dan Cell I. Dimana Cell H merupakan Nilai Rata-Rata Siswa dan di Cell I merupakan Keterangan lulus dan tidak lulusnya Siswa.


Selanjutnya kita masukkan rumus di Cell H7 untuk menampilkan Nilai Rata-Rata Siswa dengan mengetikkan =AVERAGE(D7:G7), atu copy dari textarea berikut ini.


Tugas selanjutnya setelah memasukkan rumus di Cell H7 adalah mengcopy Cell H7 ke baris selanjutnya.


Langkah terakhir adalah memasukkan rumus ke Cell I7 untuk menampilkan Keterangan Lulus atau Tidak Lulus dengan mengetikkan =IF(H7>=60;"LULUS";"TIDAK LULUS"), atu copy dari textarea berikut ini.


Kemudian Copy Cell I7 ke baris selanjutnya.
  • Catatan: Perlu diketahui, jika nilai yang ditetapkan untuk lulus adalah harus lebih besar dari 60, maka rumusnya adalah IF(H7>= 60;"LULUS";"TIDAK LULUS"), namun jika nilai lulus minimal 70 maka rumusnya adalah IF(H7>= 70;"LULUS";"TIDAK LULUS"), Anda bisa menggantinya sesuai dengan ketentuan nilai yang ditetapkan.

  • Hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini.


    Ini hanyalah contoh, untuk format table bisa berbeda-beda. Silahkan berkreasi sendiri untuk melakukan hal-hal yang tentunya menuju lebih baik. Terimakasih telah membaca Tutorial Dan Rumus Table Nilai Siswa Di Microsoft Excel.
    Silahkan Unduh file contohnya.

    Contoh Nilai Siswa.xlsx

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

     

    Most Reading

    Diberdayakan oleh Blogger.